Bongkar Laptop Toshiba Portege M600

Toshiba Portege M600

Setelah upacara Hari Kebangkitan Nasional, langsung melanjutkan mencari-cari kerusakan Portege M600 ini. Portege M600 milik Fakultas ini sebenarnya sudah cukup lama saya cek kesehatannya, bahkan beberapa tahun yang lalu saya masukkan dalam daftar barang yang membutuhkan perbaikan. Analisa saya saat itu kerusakannya adalah ada pada keyboardnya. Karena ada suara beep yang terus menerus saat laptop ini dinyalakan. Tapi pihak ketiga yang mengerjakan perbaikan tidak sanggup memperbaiki laptop putih ini.

Akhirnya, setelah beberapa tahun ini saya putuskan untuk memperbaikinya sendiri (karena saya butuh laptop juga :)). Pertama hanya saya bongkar keyboard saja, karena dari suara beep yg terus menerus itu disebabkan keyboard yang rusak sesuai analisa pertama saya. Tapi, setelah keyboard dibongkar kemudian saya nyalakan lagi suara beep panjang masih terdengar. (Teman sebelah teriak guyon, awas bomnya meledak :)).

Analisa saya meleset, bukan keyboarnya yang rusak meskpun pada kenyataannya keyboarnya memang mati. Saya coba nyalakan, dan bisa masuk ke Windows Vista Home Basic sebagai OS bawaannya meski dengan menahan nyaringnya suara beep. Akhirnya saya temukan error dari laptop ini, yaitu laptop ini seolah-olah selalu mengetik huruf “b” terus menerus baik saat boot maupun saat masuk Windows yang menyebabkan laptop berbunyi beep terus menerus.

Satu-persatu modul saya lepas berharap menemukan penyebab error tersebut. Mulai sound card, USB, ethernet card, card reader, dst. Sampai terakhir hanya tinggal motherboardnya saja yang saya nyalakan, ternyata bunyi beep itu masih ada dan ketikan huruf “b” juga masih tetap.

Hmm… (tarik nafas panjang). Error atau kerusakan sudah ditemukan namun penyebab dan solusi belum bisa dipastikan. Kesimpulan terakhir hari ini laptop Toshiba ini, yang rusak adalah motherboardnya. Kemudian coba saya searching do Google mungkin ada yang jual motherboar untuk jenis laptop ini, ternyata gagal menemukan. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *