Pengabdian kepada Masyarakat bagi Pegawai (2)

wpid-img_20150616_195804.jpg

Melanjutkan kegiatan pengabdian, kali ini bertempat di Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Desa Kalisongo ini tempat tinggal teman pegawai staf akademik BSA, Mas Anas. Semula penulis berencana tidak hadir ke pengabdian ke 2 ini, karena lokasinya yang cukup jauh dari rumah. Tapi akhirnya berangkat juga.

Kali ini teman-teman pegawai berangkat bersama, ada yang naik mobil dinas Fakultas ada pula yang naik motor. Alasan berangkat bersama karena tidak semua tau lokasi pengabdian. Penulis sendiri memilih naik mobil saja dengan pertimbangan dari rumah sudah naik motor ke kampus 🙂 itung2 hemat energi, hehe. Karena rombongan yang naik motor berangkat duluan, ternyata penunjuk jalan lupa lokasinya akhirnya sempat salah arah. Beruntung masih ada rombongan yang naik mobil di belakangnya. Salah alamat ternyata masih saja terjadi, karena di sepanjang jalan ada 3 musholla yang sedang menyelenggarakan kegiatan mirip. Beberapa teman sempat masuk dan duduk di salah satu musholla tersebut. Bahkan Pak Muzakki sendiri sempat salah juga katanya 🙂

wpid-img_20150616_195758.jpg

Tiba di lokasi, kami diampirkan ke rumah mas Anas yang lokasinya dekat dengan musholla tempat pengabdian. Setelah ramah tamah sebentar, langsung beranjak ke musholla. Acara dimulai dengan qasidah sholawat. Selanjutnya pembacaan tahlil dan dzikir yang dipimpin ketua RT setempat. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama dengan tema persiapan memasuki bulan Ramadhan oleh KH. Akhmad Muzakki, M.A. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan pentingnya shoum yang tidak hanya menahan dari hal yang membatalkan puasa tapi juga dari hal yang membatalkan pahala shoum itu sendiri. Tak lupa beliau juga menyisipkan guyonan segar yang mengundang tawa hadirin. Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan qosidah sholawat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *