Cara mengetahui ID Scopus

Iseng-iseng cari ID Scopus dari dosen sini yang katanya tulisannya (baca: jurnal) masuk atau terindeks Scopus. Karena iseng dan pingin tau, saya cari saja melalui website jurnal yang menerbitkan jurnalnya. Belum ketemu juga. Modal yang diperlukan adalah nama dari pengarang, dalam contoh ini nama dosen yang saya cari adalah Ribut Wahyudi. Kemudian dari profil Google Scholarnya, belum dapat juga. Scopus merupakan layanan pustaka ilmiah yang berbayar, dan instansi saya juga tidak berlangganan layanan Scopus, jadi saya tidak bisa login di Scopus. Untungnya Scpus menyediakan fasilitas Author Preview meskipun terbatas.

Untuk memanfaatkan fasilitas ini langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Buka laman Scopus di www.scopus.com
  2. Kemudian klik link Author Preview seperti pada gambar di bawah ini.
    ScopusCapture1
  3. Akan tampil form pencarian Author seperti pada gambar berikut. Isi kolom Author Last Name dengan nama belakang pengarang. Isi kolom Affiliation dengan nama institusi. Pada contoh ini saya isi dengan malang, karena ada pada nama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kemudian tekan Enter.
    ScopusCapture2
  4. Ta da,… akan keluar hasil pencarian semua pengarang dengan nama belakang Wahyudi dan afiliasi malang. Dan pak Ribut Wahyudi berada di posisi nomor 2 dari bawah. Lihat gambar berikut. Kemudian arahkan pointer ke nama Ribut Wahyudi, akan muncul link View Last Title jangan diklik dulu, akan terlihat di status bar browser javascript:toggleShowTitle(‘56175242200’,6); kalau diklik akan terlihat judul artikel yang terindeks Scopus. Karena kita menginginkan ID Scopus dari pengarang, klik kanan link tersebut copy link location. Paste-kan di Notepad akan muncul javascript:toggleShowTitle(‘56175242200’,6); nah, dari data ini kita ambil angka 56175242200 yang merupakan ID Scopus.
    ScopusCapture3
  5. Untuk mengecek apakah benar angka tersebut merupakan ID Scopus dari pengarang yang bersangkutan, ketik http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId=nomorid pada browser. Dalam contoh ini saya ketik http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId=56175242200 dengan angka 56175242200 sebagai nomor ID Scopus. Dan akan keluar data mengenai author yang Anda cari, lengkap dengan jumlah sitasi maupun h-index.
    ScopusCapture4
  6. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Cara mengetahui ID Scopus

  1. Ayo yang belum memiliki id scopus, kini saatnya memproduksi jurnal bereputasi internasional. Kalau tidak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi. Negara tetangga sudah banyak yang fokus disitu.

  2. Assalamu Alaikum Terima Kasih Pak Sangat bermanfaat Atas Ilmunya Kebetulan Kmrin Ada kegiatan Seminar Di Institusi Kami membahas berkenaal Dengan Jurnal Tapi Saya Masih Bingung Tata Cara pengelolaan nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *